kelebihan dan kerugian menggunakan fiber optik


 KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MENGGUNAKAN FIBER OPTIK

Hasil gambar untuk gambar fiber optik
1.KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN FIBER OPTIK

Kabel fiber optik adalah salah satu medium paling populer untuk pemasangan dan peningkatan kabel baru, termasuk backbone, horizontal, dan bahkan aplikasi desktop. Fiber optik menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan tembaga.
1.Bandwidth Yang Lebih Besar. menyediakan lebih banyak bandwidth daripada tembaga dan memiliki kinerja standar hingga 10 Gbps dan seterusnya. Lebih banyak bandwidth berarti serat atau fiber dapat membawa lebih banyak informasi dengan kesetiaan yang lebih besar daripada kawat tembaga. Perlu diingat bahwa kecepatan fiber optik tergantung pada jenis kabel yang digunakan. Single-mode fiber menawarkan bandwidth terbesar dan tanpa persyaratan bandwidth. Kabel OM3 50-mikron yang dioptimalkan laser memiliki EMB 2000 MHz / km. Kabel OM4 50-mikron yang dioptimalkan untuk laser memiliki EMB 4700 MHz / km.
 2.Kecepatan Dan Jarak. Karena sinyal kabel fiber optik terbuat dari cahaya, sangat sedikit kehilangan sinyal terjadi selama transmisi, dan data dapat bergerak pada kecepatan yang lebih tinggi dan jarak yang lebih jauh. Serat tidak memiliki batasan jarak 100 meter (328-ft.) Dari tembaga twisted pair unshielded (tanpa booster). Jarak serat tergantung pada gaya kabel, panjang gelombang dan jaringan. Jarak dapat berkisar dari 550 meter (984,2 kaki) untuk multimode 10-Gbps dan hingga 40 kilometer (24,8 mi.) Untuk kabel mode tunggal.
 3.Keamanan. Data Anda aman dengan kabel fiber optik. Itu tidak memancarkan sinyal dan sangat sulit untuk disadap. Jika kabel disadap, sangat mudah untuk memantau karena kabel bocor, menyebabkan seluruh sistem gagal berfungsi. Jika upaya dilakukan untuk merusak keamanan fisik sistem serat Anda, Anda akan mengetahuinya. Jaringan serat atau fiber juga memungkinkan Anda untuk menempatkan semua perangkat elektronik dan perangkat keras Anda di satu lokasi pusat, alih-alih memiliki lemari berkabel dengan peralatan di seluruh gedung.
 4.Kekebalan Dan Keandalan. Serat menyediakan transmisi data yang sangat andal. Benar-benar kebal terhadap banyak faktor lingkungan yang memengaruhi kabel tembaga. Inti terbuat dari kaca, yang merupakan isolator, sehingga tidak ada arus listrik yang bisa mengalir. Ini kebal terhadap gangguan elektrometrik dan interferensi frekuensi radio (EMI / RFI), crosstalk, masalah impedansi, dan banyak lagi. Anda dapat menjalankan kabel fiber optik di samping peralatan industri tanpa khawatir. Serat juga kurang rentan terhadap fluktuasi suhu daripada tembaga dan dapat terendam dalam air.
 5.Desain. Serat ini ringan, tipis, dan lebih tahan lama dibandingkan kabel tembaga. Untuk mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi menggunakan kabel tembaga, Anda perlu menggunakan kabel dengan tingkat yang lebih tinggi, yang biasanya memiliki diameter luar yang lebih besar, lebih berat, dan mengambil lebih banyak ruang di baki kabel. Dengan kabel serat, ada sangat sedikit berbeda dalam diameter atau berat. Plus, kabel serat optik memiliki spesifikasi yang menarik hingga 10 kali lebih besar dari kabel tembaga, tergantung pada spesifikasi kabel. Ukurannya yang kecil membuatnya lebih mudah untuk ditangani, dan itu memakan lebih sedikit ruang di saluran kabel. Dan, serat lebih mudah untuk diuji daripada kabel tembaga.
6.Migrasi. Proliferasi dan biaya lebih rendah dari konverter media membuat tembaga untuk migrasi serat jauh lebih mudah. Konverter menyediakan tautan tanpa batas dan memungkinkan penggunaan perangkat keras yang ada. Serat dapat dimasukkan ke dalam jaringan dalam peningkatan yang direncanakan.
7.Terminasi lapangan. Meskipun serat masih lebih sulit untuk di terminasi daripada tembaga, kemajuan dalam alat fiber telah membuat terminasi dan menggunakan serat di lapangan lebih mudah. Splicers fusi cepat memungkinkan dengan auto-alignment mengaktifkan splicing cepat di lapangan. Auto-aligning memastikan akurasi. Dan penggunaan pig-tails dan pre-terminated cable membuat koneksi lapangan menjadi cepat dan mudah.
8.Biaya. Biaya untuk kabel fiber optik, komponen, dan perangkat keras terus menurun. Secara keseluruhan, kabelfiber optik lebih mahal daripada kabel tembaga dalam jangka pendek, tetapi mungkin lebih murah dalam jangka panjang. Serat biasanya lebih murah untuk perawatan, memiliki downtime yang lebih sedikit, dan membutuhkan lebih sedikit perangkat keras jaringan. Selain itu, kemajuan teknologi terminasi lapangan telah mengurangi biaya pemasangan kabel fiber optik ini juga.
2.KERUGIAN MENGGUNAKAN FIBER OPTIK

a.Proses instalasi fiber optik terbilang mahal dibandingkan dengan kabel jaringan lainnya. Hal ini karena material dan proses instalasi kabel fiber optik lebih mahal serta rumit. Saat proses instalasi fiber optik, diperlukan beberapa alat khusus dan perangkat elektronik yang sangat mahal. Sehingga instalasi fiber optik ini dibutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan kabel jaringan lainnya
b.Seperti dijelaskan sebelumnya, karena proses intalasinya memerlukan perangkat khusus, maka dibutuhkan teknisi yang ahli apabila mengalami kerusakan. Hal ini tentu memerlukan biaya tambahan, dari saat pemasangan ataupun ketika mengalami kerusakan.
c.Masih terdapat kemungkinan kehilangan data, karena adanya atenuasi gelombang cahaya pada jarak yang sangat jauh. Sehingga kabel fiber optik membutuhkan repeater untuk mengurangi atenuasi.
d.Dalam pengoperasiannya, fiber optik membutuhkan sumber cahaya yang benar-benar kuat untuk mentransmisikan data dengan baik. Proses intalasi fiber optik juga harus melalui jalur yang berbelok atau memiliki sudut dan melengkung. Hal ini agar pergerakan gelombang cahaya pada kabel fiber optik lebih mulus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

permasalahan jaringan fiber optik

penyambungan kabel fiber optik